Jumat, 18 Desember 2009

APAKAH MUSIK HIP HOP ITU?

Satu pertanyaan yang kadang-kadang pelakunya sendiri susah untuk menjawab. Karena definisinya sendiri terlalu banyak! Belum lagi dunia industri musik modern yang kerapkali menghasilkan artis-artis dengan lagu cross genre.

Tapi coba saya menjawab dengan definisi saya sendiri. Musik hip hop adalah salah satu genre musik di mana para pelakunya melantunkan vokal mereka di atas musik instrumental, sambil kerap kali mengulang-ulang frasa tertentu (repetisi sebagai hook/chorus lagu).

Seperti yang kita lihat di jaman sekarang, ada yang bisa mencampur adukkan musik ini dengan rock, r&b, sampai keroncong! Tapi benang merah utamanya tetap ada. Entah sang vokalis melantunkan lirik puitis, bacotan marah-marah atau bernyanyi merdu. Selama ada unsur repetisi/pengulangan yang jelas (terutama di chorus), musik ini masih bisa dikategorikan hip hop! Itu tentunya kalau sang artis berkenan untuk disebut sebagai seorang artis hip hop.

Musisi reggaeton, walaupun mengadopsi banyak varian karakter musik hip hop itu sendiri, tapi menolak disebut sebagai hip hop. Mereka memilih disebut musisi reggaeton. Tapi nanti saja kita bahas reggaeton...

Selanjutnya, dengan berkembangnya waktu para produser musik hip hop berkreasi dengan memanipulasi banyak sound instrumen untuk menghasilkan karakter yang unik. Dengan terbatasnya fasilitas, banyak yang akhirnya menggunakan teknik sampling lagu lain sebagai bagian dari musiknya. Yang paling terkenal saat ini menggunakan sampling di dalam lagunya adalah Kanye West. Lagu "Thru The Wire" yang merupakan cover/remix version lagu James Ingram menjadi salah satu karya yang membawa dia merebut Grammy award. DJ Premier adalah salah satu produser yang jago sampling menurut saya, bersama dengan Alchemist & Pete Rock.

Di abad ke-21 ini, tidak hanya para pelantun musik rap saja yang dikategorikan hip hop. MTV kerap kali memasukkan artis-artis seperti Pussy Cat Dolls (PCD) di dalam tangga lagu hip hop nya. Lagu-lagu PCD memang banyak yang diproduksi Timbaland, salah satu produser musik hip hop ternama, tapi banyak juga pihak yang kurang setuju. Well, kalau soal yang satu ini sih, terserah anda, saya hanya menampilkan fakta lewat blog. Hueheheheh...

0 Comments:

Post a Comment